Content feed Comments Feed

Membedakan "For" dan "To"

Posted by Rizqi Rabu, 22 Juli 2009



For dan To adalah 2 kata yang umum digunakan dalam bahasa Inggris. Dalam bahasa Indonesia, 2 kata ini bisa tidak mempunyai arti sama sekali. Juga, bisa sama-sama mempunyai arti "untuk", "bagi"bisa juga "kepada". Beberapa artikel yang saya temukan di internet mengatakan, "This stuff is really hard even for teachers to explain, and any rule I give may well break down". So, ini bukan matematika yang logikanya bersifat pasti. I'm open for any idea.

Sebagai preposition
Hampir semua orang (termasuk saya) susah membedakan dua kata ini jika berfungsi sebagai kata depan (preposisi). Mari kita lihat contoh sebagai berikut:
a) I gave a book to my mother.
b) I bought a book for my mother.

Dalam kalimat pertama (a), “to” digunakan untuk menunjukkan seseorang (my mother) yang menerima sesuatu (a book). Dalam kalimat b) “for” menunjukkan siapa yang diinginkan untuk memiliki buku itu. Misalnya anda membelikan buku untuk ibu sebagai hadiah ulang tahun. Kalimat b) juga bisa berarti "in order to help” (membantu). Misalnya anda memang disuruh ibu untuk membelikan buku.

To infinitive dan For gerund
Ini perbedaan yang sangat mudah dilihat. For digunakan sebagai awalan dari gerund. Gerund sendiri berperan sebagai noun bukan verb. Anda bisa pelajari disini dan disini.

a) I stop driving to smoke.
b) I stop driving for smoking.

Contoh a) dan b) sama-sama menunjukkan bahwa saya berhenti mengendarai (mobil) untuk melakukan pekerjaan merokok. Bedanya adalah bentuk kata kerjanya. Pada kalimat a) saya menggunakan bentuk to+Verb1. Sedangkan kalimat b), saya menggunakan for+noun. Gampangnya, "to" digunakan berpasangan dengan kata kerja, sedangkan "for" digunakan berpasangan dengan noun.

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

1 Response to Membedakan "For" dan "To"

  1. hyden06 Says:
  2. I like to read this article, because your post adding my knowledge about writing skills. Especially in words "to" and "for". I'm very impressive.
    thanks

     

Posting Komentar

Bantuan Pencarian..

Twitter Updates

Twitter Updates

    follow me on Twitter

    Entri Populer

    Sumbang Dong...

    Banner

    Word of the Day

    Word of the Day

    Pengikut

    Find us on Facebook

    Recent Posts

    Recent Comments

    IT'S STILL UNDER CONSTRUCTION.

    BELIEVE ME.

    IT'S STILL UNDER CONSTRUCTION.

    You may see this site change regularly. I tested my coding skill to give you nice looking blog. And also, push my satisfaction to the limit.

    The articles?
    If you like, thank you.
    If you love it, I love you

    If you don't, please submit your comments.
    Appreciate your constructive ideas.

    ^_^

    You can contact me at ngenglishyuk[at]gmail[dot]com