Content feed Comments Feed

Apa Arti Skor TOEFL

Posted by Rizqi Minggu, 17 Mei 2009



Test of English as a Foreign Language disingkat TOEFL adalah ujian kemampuan berbahasa Inggris yang diperlukan untuk mendaftar masuk ke sekolah2 di Amerika dan negara2 lain yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya. Ujian ini diperlukan pendaftar yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua (second language). Berbeda dengan IELTS yang skornya antara 0-9, maka TOEFL skornya sampe 700. Skor itu meng-indikasikan kemampuan bahasa peserta tes tersebut. Bagi mereka yang akan belajar ke luar negeri, amat
diharapkan nilai TOEFL lebih dari 500. Berikut ini interpretasi nilai TOEFL dengan kemampuan peserta.

Kategori Non User dengan nilai <400 dinilai belum mampu menggunakan bahasa Inggris dalam segala konteks/situasi/topik. Sedangkan Extremely Limited User (nilai 400 – 449) hanya cukup untuk berkomunikasi yang sangat dasar sekali, itupun dengan bantuan lawan bicara.

Kategori Marginal User dengan skor antara 450 – 489 disebut pengguna bahasa yang pas-pasan yaitu hanya bisa menggunakan kalimat-kalimat pendek saja dan dalam bidang/konteks/situasi/topik yang sudah diketahuinya. Sedangkan Modest User (nilai 490 – 529) yaitu pesan yang disampaikan cukup bisa dimengerti secara umum, secara khusus kurang jelas karena banyak kesalahan yang dibuat.

Competent User (nilai 530 – 559) dinilai dapat menggunakan bahasa Inggris secara lisan dan tulisan dengan berani dalam berbagai konteks/situasi/topik, walaupun disana-sini terlihat banyak kesalahan. Kategori Good User (nilai 560-609) bisa dianggap terampil berbahasa Inggris lisan dan tulisan secara effektif dalam hampir semua konteks/situasi/topik dengan sedikit kesalahan.

Perfect User (nilai 610 – 644) mampu menggunakan bahasa Inggris secara sempurna baik lisan dan tulisan secara effektif dalam konteks/situasi/topik apapun. Native Speaker like User (nilai 645 – 670) yaitu dapat menggunakan Bahasa Inggris seperti penutur aslinya orang Inggris.

Dari deskripsi diatas, anda bisa mengerti kenapa skor TOEFL bisa begitu tinggi hingga mencapai 450-600 untuk mendaftar sekolah. Itu karena demi kebaikan anda juga supaya tidak kesulitan dalam menyelesaikan pendidikan.

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

3 Responses to Apa Arti Skor TOEFL

  1. CARA NGEBLOG Says:
  2. UNTUK MENGIKUTI TEST TERSEBUT DI MANA GAN....? JIKA KITA CUMA TAMAT SD TP MAMPU BERKOMUNIKASI SERTA BISA MENULIS BAHASA INGGRIS,BISA GAK IKUT TEST TERSEBUT..?

     
  3. Setau saya sih tidak ada syarat khusus untuk mengikuti tes TOEFL.
    Tidak harus lulusan S1, tidak lulus SD pun boleh.

     
  4. Tulus Says:
  5. Boleh saya tahu sumber dari interpretasi skor TOEFL di atas?

     

Posting Komentar

Bantuan Pencarian..

Twitter Updates

Twitter Updates

    follow me on Twitter

    Entri Populer

    Sumbang Dong...

    Banner

    Word of the Day

    Word of the Day

    Pengikut

    Find us on Facebook

    Recent Posts

    Recent Comments

    IT'S STILL UNDER CONSTRUCTION.

    BELIEVE ME.

    IT'S STILL UNDER CONSTRUCTION.

    You may see this site change regularly. I tested my coding skill to give you nice looking blog. And also, push my satisfaction to the limit.

    The articles?
    If you like, thank you.
    If you love it, I love you

    If you don't, please submit your comments.
    Appreciate your constructive ideas.

    ^_^

    You can contact me at ngenglishyuk[at]gmail[dot]com