Content feed Comments Feed

[Review Singkat] Kamus Inggris Online

Posted by admin-ngenglishyuk Senin, 20 Juni 2011



Sebagai orang Indonesia yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ketiga (setelah bahasa Indonesia dan bahasa daerah), pantas dimaklumi jika kemampuan 'agak kurang'. Alat bantu berupa kamus ini mutlak diperlukan supaya saya keliatan pinter (walaupun sebenarnya emang engga .. xixixi). Di komputer kantor yang diperkuat Windows XP, ada beberapa software kamus yang saya pake. Diantaranya Oxford Concise Dictionary, dan kamus indonesia – inggris. Juga beberapa kamus inggris online.

Saya sendiri ga terlalu suka pake kamus Indonesia – Inggris (vice versa) saja. Kadang kamus2 ini kurang “menggigit” dalam mengalihbahasakan, nilai rasanya juga agak kurang. Disamping itu, beberapa kamus online malah tidak memberikan hasil yang memuaskan jika kita tidak memasukkan kata dasar. Makanya saya pake kamus Inggris-Inggris juga. Jadi, setelah ketemu kata yang dicari di kamus Ind-Ingg, diliat lagi deskripsi, kelas kata, contoh dan thesaurusnya di kamus Ingg-Ingg. Tujuannya memverifikasi definisi, memperkaya tulisan dan menambah perbendaharaan kata.

Beberapa kamus online Indonesia-Inggris yang menjadi favorit saya adalah (diurutkan dari yang sering dipake):


  1. Google Translate: Fitur minimalis ala google, dengan hasil masih minimalis juga, tapi bisa mengalihbahasakan ke lebih dari 58 bahasa asing yang lain.

  2. Sederet.com: Kamus lokal ini sudah mempunyai plugin di FireFox. Saya puas dengan kinerjanya jika dibandingkan google translate.

  3. kamus.ugm.ac.id : Sangat minimal. Tidak diberikan alternatif lain. Be careful. :)

  4. kamus-online.com : Konon, kalau Anda adalah anggota (tentu saja harus membayar), Anda akan melihat lebih banyak hasil. Sayangnya tidak diketahui apakah hasil pencariannya akan lebih baik dari google translate.
    kamus.net : Kosakatanya perlu ditambah lebih banyak lagi.

Sedangkan kamus online Inggris-Inggris yang menjadi favorit saya adalah:



  1. The Free Dictionary: ini kamus super lengkap dengan thesaurus, definisi, kelas kata dan contoh kalimatnya dalam satu halaman. Penjelasan dari setiap entri diberikan dari American Heritage Dictionary dan Harper Collins. Search plugin telah tersedia di FireFox.

  2. Merriam Webster: kamusnya juga bagus. Hanya saja pencarian thesaurus dipisah. Mendukung bahasa medis dan search plugin tersedia di FireFox.

  3. Cambridge Dictionary: Hasil yang diberikan tergantung dari referensi apa yang digunakan. Advance Learner’s akan memberikan hasil yang bervariasi daripada Learner’s. Belum ada pluginnya di firefox. Thesaurusnya entah dimana…

  4. Ask Oxford: Ini situs yang juga bagus dan lengkap, walaupun sering membingungkan saya juga. Kalo mencari suatu kata, pastikan anda mencari di bagian di dictionary. Jika mencari di “entire oxford site” untuk kata “concern” saja, memberikan 57 hasil termasuk diantaranya artikel sastra, pembelajaran bahasa asing dan lain-lain. Mungkin cocok buat mahasiswa sastra inggris, bukan engineer kayak saya.

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

0 Responses to [Review Singkat] Kamus Inggris Online

Posting Komentar

Bantuan Pencarian..

Twitter Updates

Twitter Updates

    follow me on Twitter

    Entri Populer

    Sumbang Dong...

    Banner

    Word of the Day

    Word of the Day

    Pengikut

    Find us on Facebook

    Recent Posts

    Recent Comments

    IT'S STILL UNDER CONSTRUCTION.

    BELIEVE ME.

    IT'S STILL UNDER CONSTRUCTION.

    You may see this site change regularly. I tested my coding skill to give you nice looking blog. And also, push my satisfaction to the limit.

    The articles?
    If you like, thank you.
    If you love it, I love you

    If you don't, please submit your comments.
    Appreciate your constructive ideas.

    ^_^

    You can contact me at ngenglishyuk[at]gmail[dot]com