Content feed Comments Feed

Kuasai Kosakata atau Tense Dulu?

Posted by admin-ngenglishyuk Kamis, 18 November 2010



Menurut kalian, pemula harus menguasai kosakata atau tense (lebih dulu)? Hormat Saya

Kemaren dapat email yang bunyinya seperti di atas. Kata2 dalam kurung adalah tambahan saya sendiri, sesuai pemahaman saya.

Menurut saya, dalam bahasa Inggris, DUA-DUANYA wajib dikuasai dengan alasan sebagai berikut:

KOSAKATA ato VOCABULARIES.
Bahasa apapun, Inggris, Indonesia atau Jawa, perbendaharaan kata (kosakata) juga penting karena itu bahan dari bahasa. Jika ditinjau secara sempit, jika bahasa adalah untaian kalimat, bukankah kalimat disusun dari kata-kata. Jika tidak ada kata2, maka tidak ada kalimat dan juga bahasa. Jadi bagaimana kita memahami sesuatu? Bagaimana kita berkomunikasi? Anak saya yang berumur 4 tahun, kosakatanya sangat terbatas. Sehingga bikin kalimat juga terbatas. Saya dan dia jadi suka stress karena komunikasinya ga nyambung. Dia maunya gini, saya nangkepnya begitu dan sebaliknya.

Lain halnya kalo kita berkomunikasi dengan orang dewasa yang kosakatanya lebih banyak. Jadi gampang nyambung kan? Orang yang suka membaca dan menulis, cenderung kosakatanya lebih banyak dari yang tidak pernah. Seorang mahasiswa secara umum menguasai lebih dari 2000 kata dibanding seorang siswa menengah yang cuma 1500an. Bukankah orang yg kosakatanya banyak terkesan cerdas?

TENSES alias KONSEP WAKTU
Tenses adalah salah satu 'sendi' tata bahasa inggris. Kayaknya ini momok tiap orang dalam belajar bahasa inggris deh. Konsep tenses tidak dikenal dalam bahasa Indonesia. Dalam bahasa Indonesia, teks kalimat tidak berubah menurut konteks waktu. Beda dengan bahasa Inggris yang bisa berubah verbnya serta 'to be'-nya. Belum lagi kalo uda dicampur dengan kalimat pasif.... wah... bisa tambah tegang lagi. Aturannya jadi tambah banyak. :D

Dalam bidang hukum, salah tenses bisa berakibat fatal. Contohnya (yaa... agak lebay dikit lah), menyiapkan dakwaan pake future tense. Hakim tanpa ragu2 langsung membebaskan tersangka dong. Kan belum terjadi peristiwanya. Sedangkan dalam percakapan harian, salah tenses mungkin masih bisa excuse.

Total ada 16 jenis tenses. Saya sendiri cuma hapal dua macam, present tense dan past tense aja. hehehe...


Kalo anda bertanya, mana yang diprioritaskan jika ingin belajar, maka jawabannya saya kosakata. Film2 kartun anak2 di Disney Channel (contoh Word World, dan banyak yang lain), lebih suka ngebahas perbendaharaan kata daripada grammar (tata bahasa). Yang penting anak punya bahan buat bicara, setelah itu diarahkan ke aturan bahasa yang bener. Tentu tidak asik, jika baru mau bicara sudah kena aturan ini dan itu... Anda yang dewasa aja ga suka diatur2, apalagi anak kecil. Perbanyak kosakata dengan menghapal, ato membaca sambil pegang dictionary. Lebih OK jika berbicara juga.
Pendek kata, karena itu aturan yang punya bahasa, maka kita harus ikutin.

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

0 Responses to Kuasai Kosakata atau Tense Dulu?

Posting Komentar

Bantuan Pencarian..

Twitter Updates

Twitter Updates

    follow me on Twitter

    Entri Populer

    Sumbang Dong...

    Banner

    Word of the Day

    Word of the Day

    Pengikut

    Find us on Facebook

    Recent Posts

    Recent Comments

    IT'S STILL UNDER CONSTRUCTION.

    BELIEVE ME.

    IT'S STILL UNDER CONSTRUCTION.

    You may see this site change regularly. I tested my coding skill to give you nice looking blog. And also, push my satisfaction to the limit.

    The articles?
    If you like, thank you.
    If you love it, I love you

    If you don't, please submit your comments.
    Appreciate your constructive ideas.

    ^_^

    You can contact me at ngenglishyuk[at]gmail[dot]com