Content feed Comments Feed

Kenapa kapal dinamai seorang wanita

Posted by Rizqi Senin, 12 Oktober 2009



Beberapa waktu yang lampau, bos saya meminta saya untuk mempersiapkan dokumen2 sebelum kedatangan sebuah kapal via email (ato diindonesiakan menjadi Surel, Surat Elektronik). Saya kutip kalimatnya sebagai berikut:

Dear R,
Please help to prepare procedure to remove DSF from I-650 after she return from Field.
Seperti yang saya bilang tadi ini ngomongin sebuah kapal loh. Namanya emang ga seksi macam Santa Maria ato Clara (ini nama kapalnya Christoper Colombus sewaktu ekspedisi ke Amerika). Bahkan bentuk bodynya (hull) cuma kotak. Tidak berlekuk-lekuk macam kapal cepat yang menuntut aerodinamika tinggi. Terbuat dari baja dan berkarat disana-sini. So, you have known the fact of this unattractive and not-good-looking lady.

Adakah dari anda memperhatikan bahwa kata ganti (pronoun) untuk kapal adalah SHE? Padahal, kita uda sama2 tau kapal itu jelek banget. Bahkan, kapal Santa Maria pun tidak sebanding jika dibandingkan Monalisa. Trus kenapa orang Inggris menggunakan SHE sebagai kata ganti kapal, pesawat, nama badai dan topan? Simak penjelasan berikut.

Untuk mengurangi kesan ngeri, seram, dan menegangkan
Coba perhatikan nama2 badai. Katrina Hurricane ato badai Katrina, Rita, Emily dan Wilma adalah nama2 badai atlantik berkategori 5 skala Saffir-Simpson Hurricane. Ini adalah level kerusakan tertinggi. Amerika menghitung kerugian ekonominya hingga mencapa 150 milyar USD untuk rekonstruksi dan kehilangan potensi ekonomi.
Alasan sebenarnya kenapa badai diberikan nama wanita ada disini.
Teman saya bilang, kadang sesuatu diberikan nama wanita untuk melembutkan kesan fisik dari benda itu.

“Maintenance cost” seorang wanita lebih besar daripada pria
O..o.. apa itu maintenance cost? Coba anda itung2 ulang pengeluaran anda (jika anda seorang pria seperti saya) dengan seorang wanita (misalnya, istri, pacar ato sodara wanita anda). Saya tidak perlu bedak, pelembab, lipstick, eyeshadow dan conditioner khusus untuk merawat saya. Tidak perlu pula ke salon untuk rebonding, coloring rambut, pedicure dan lain-lain. Sebab itu ongkos perawatan ato maintenance cost pria lebih rendah dari wanita.

A ship is always referred to as "she" because it costs so much to keep one in paint and powder. Chester W. Nimitz.
Nimitz adalah seorang admiral amerika yang namanya diabadikan di USS Nimitz.

Karena itu benda2 mahal yang perlu perawatan khusus dan ekstra hati-hati, seperti pesawat terbang dan kapal, bahkan roket diberikan kata ganti wanita.

Karena yang menamai adalah seorang pria
Bahasa seperti Jerman dan Perancis ada yang namanya gender. Ada kata2 tertentu yang digolongkan sebagai feminine dan maskulin. Dan, kapal adalah temasuk diantaranya.
Dulu kala, seorang ilmuwan, ato pelaut adalah seorang pria. Makanya menamai sesuatu dengan nama wanita, dan karenanya kata gantinya mengikuti menjadi "she" bukan "it". Pelaut menamakan kapalnya seperti nama wanita2 hebat dalam sejarah dan berharap tuah dan keberuntungannya dari nama itu. Contohnya adalah santa Maria. Itu adalah nama ibunda Yesus. Maka dari itu dalam upacara peluncuran kapal, kata2 berikut pasti ada, "I name this ship XYZ and may God bless all who sail in her".

Ini yang paling penting, dan cocok dengan point nomer 2. They also do this to motivate love and affection for the vessel, which in turn will motivate the Captain and her crew (most of them, even all are male) to take care of it.

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

4 Responses to Kenapa kapal dinamai seorang wanita

  1. Kerennnn...suka banget baca artikel ini. Oya, salam kenal ya!! :)

     
  2. mirna Says:
  3. artikelnya singkat, padat menarik dan mudah dipahami.

     
  4. DIDI SUKARDI Says:
  5. Wah... jadi Rindu Mo Pulang ke Rumah..... untuk ketemu sama SHE....... Heheheheh..

     
  6. madamX Says:
  7. nice post, cara perkasa kediri

     

Posting Komentar

Bantuan Pencarian..

Twitter Updates

Twitter Updates

    follow me on Twitter

    Entri Populer

    Sumbang Dong...

    Banner

    Word of the Day

    Word of the Day

    Pengikut

    Find us on Facebook

    Recent Posts

    Recent Comments

    IT'S STILL UNDER CONSTRUCTION.

    BELIEVE ME.

    IT'S STILL UNDER CONSTRUCTION.

    You may see this site change regularly. I tested my coding skill to give you nice looking blog. And also, push my satisfaction to the limit.

    The articles?
    If you like, thank you.
    If you love it, I love you

    If you don't, please submit your comments.
    Appreciate your constructive ideas.

    ^_^

    You can contact me at ngenglishyuk[at]gmail[dot]com